Cara Mengatasi Duka

Di beberapa titik dalam hidup semua manusia pasti pernah mengalami kesedihan. Mungkin kita dihadapkan dengan kehilangan orang yang dicintai atau akhir dari hubungan yang sangat penting. Kita dipaksa oleh keadaan untuk menempatkan diri dalam posisi, di mana kita harus melepaskan seseorang atau sesuatu yang menjadi sangat berarti. 

Ketika menghadapi duka ada kemungkinan Anda mengalami salah satu atau semua perasaan emosi, dari beberapa tahapan emosi dalam berduka yang mungkin Anda rasakan yaitu penyangkalan, sakit hati, kemarahan, atau depresi.

“Setiap orang mempunyai cara dan kadar waktu yang berbeda untuk mengatasi kesedihannya.”

“Bila Anda belum dapat mengatasi kesedihan Anda, jangan pernah menyerah karena bantuan ada di luar sana dan Anda hanya perlu waktu untuk menemukannya.”

Berikut ini cara mengatasi duka atau kesedihan. Sehingga Anda dapat melanjutkan kembali hidup Anda dan menemukan energi serta semangat seperti sediakala. 

Jangan terlalu keras pada diri sendiri.

Orang yang paling Anda butuhkan adalah diri sendiri. Berikan waktu untuk berduka dan memproses apa yang terjadi pada diri Anda. Hal ini dapat membuat proses pemulihan lebih cepat, membantu Anda berjalan ke arah penerimaan dan menjalani kehidupan kembali dengan penuh dengan harapan dan semangat.  Masalahnya bukan ketika Anda berhasil melalui emosi ini, tetapi ketika Anda terjebak di dalamnya dan Anda berhasil menemukan jalan untuk melewati ini semua. 

Luapkan kesedihan Anda

Setiap peristiwa yang dilalui, pastinya akan memberikan pelajaran hidup yang bisa  membuat kita menjadi lebih kuat, ketika dihadapkan dengan beberapa peristiwa yang mengubah hidup. Jangan memendam perasaan ini, karena jika Anda menyimpan kesedihan di dalam, hal ini akan memakan Anda dari dalam ke luar. Bicara dengan seseorang yang Anda percayai, seseorang yang mendengarkan lebih dari berbicara. Mungkin Anda bisa berbagi dengan sahabat atau dengan keluarga Anda.

• Lakukan sesuatu yang dapat membuat Anda tertawa. 

Sedikit tertawa menjadi langkah dalam arah yang benar. Mungkin Anda tidak akan mengalami sukacita atau kegembiraan dalam sekejap. Namun, semakin Anda terpaku  pada kesedihan, semakin kecil kemungkinan Anda untuk mendapatkan kedamaian. Jadi Anda harus melibatkan diri dalam kegiatan atau peristiwa yang bisa memberikan Anda kebahagiaan. Lakukan sesuatu yang baru,  atau lakukan hal yang selalu Anda ingin lakukan tetapi belum  Anda coba. Mintalah bantuan dari keluarga dan teman-teman untuk pergi dengan Anda sehingga Anda lebih cenderung mengikuti dan mencari pengalaman serta suasana baru.

Menyadari Anda tidak sendirian.

Meskipun Anda mungkin merasa sangat sendirian dalam kesedihan, Anda harus ingat bahwa Anda tidak sendirian sama sekali. Ada orang lain di dunia ini yang mungkin juga mengalami rasa sakit yang Anda rasakan, bahkan mungkin orang di sekitar Anda. Cobalah mengajak mereka berbicara, dengan berbagi beban yang dirasakan akan terasa lebih ringan, dan bahkan apa yang Anda rasakan tidak seberat yang Anda kira.

Kelilingi Anda dengan orang – orang yang berjiwa positive.

Orang yang berjiwa positif akan tanpa sengaja memberikan energi positif kepada Anda. Mereka akan selalu menyemangati Anda untuk terus maju. Mereka adalah pendengar yang baik, mereka akan membuat Anda berpikir rasional dan menyadari bahwa tidak apa-apa untuk berduka dengan kejadian yang Anda alami, namun jangan membiarkannya berlarut-larut. 

Pada akhirnya Anda harus membuat keputusan untuk diri sendiri. Karena penderitaan adalah pilihan, apakah kita akan terus berduka atau bangkit dari rasa duka. Buat komitmen untuk membuat besok lebih baik dari hari ini. Anda harus percaya bahwa Anda mampu melakukannya. Keyakinan adalah salah satu kunci bahwa Anda bisa melakukannya. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s